Tuesday, 9 October 2012

Patikraja Dalam Strategi Kuatkan Daya Tawar Desa

Melihat keadaan sosial ekonomi Masyarakat Desa Patikraja dalam kurun 5 Tahun terakhir ini,Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan fisik Desa baik secara pemerintahan maupun secara swadaya masyarakat termasuk dalam kondisi yang pesat memenuhi kemajuan jaman.Tingkat keterbukaan masyarakat Desa Patikrajapun semakin Baik ditandai masuknya beberapa jenis usaha yang memberikan sokongan kemajuan zaman.Berdirinya beberapa Unit Bank swasta di wilayah Desa Patikraja merupakan suatu bukti keterbukaan masyarakat Patikraja dalam menerima investasi dari pihak luar.Menghadapi kemajuan keadaan yang semakin baik dengan waktu yang cepat,seyogyanya Masyarakat Desa Patikraja sudah mulai memikirkan dengan serius kekuatan daya saing dirinya melawan kemajuan zaman.
Satu cara yang mudah dan mungkin sudah berjalan adalah membentuk komunitas pelaku pasar,baik paguyuban masyarakat pedagang,maupun paguyuban masyarakat pelaku pasar lainnya yang bersinggungan langsung dengan kegiatan proses perekonomian.Petani dan pengelola bahan panganpun seyogyanya memiliki suatu wadah yang selalu berkordinasi dengan baik dan serasi,Guna menghindari ketimpangan kebutuhan pasar di wilayah Patikraja.
Melihat fakta bahwa : Sektor pertanian memberikan kontribusi 19,1 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dari keseluruhan sektor perekonomian Indonesia. Meski secara absolut masih lebih kecil dari sektor lainnya–jasa (43,5 prosen dan manufaktur (23,9 persen), namun sektor pertanian merupakan penyerap tenaga kerja terbesar, yaitu sebesar 47,1 prosen.
Dan melihat keadaan secara Nasional Indonesia adalah bahwa "Sebagian besar wilayah pertanian berada di daerah perdesaan. Tak bisa dipungkiri, warga desa sangat tergantung pada sektor hasil bumi dan rempah-rempah. Sementara itu, warga kota punya ketergantungan pada suplai hasil bumi dari desa. Seharusnya desa mampu memanfaatkan hasil bumi tersebut sebagai alat untuk bernegosiasi dengan pihak lain".
Menilik keterangan yang tersebut diatas,keadaan Desa Patikraja dengan aset sebuah Pasar,memungkinkan laju perekonomian di wilayah Patikraja berputar dengan cepat.Tinggal bagaimana masyarakat Patikraja memanfaatkan potensi ini.Jikalau masyarakat petani mampu lebih produktif dengan memanfaatkan setiap lahan supaya menghasilkan secara maksimal,maka kemudahan akan didapatkan dan masyarakat Petani Desa Patikraja mampu memberikan pasokan kebutuhan Pasar dan pengadaan hasil pertanian daerah lain akan berkurang.Mengapa penulis mengajukan idea semacam ini,karena kebiasaan memasok dan mendatangkan kebutuhan pasar dari hasil pertanian daerah lain mempengaruhi harga jual di Pasar desa Patikraja dan ini berarti harga harga yang ada di pasar Patikraja tergantung sepenuhnya dari daerah lain.Akan semakin baik jika masyarakat mampu bermain dalam harga Pasar untuk lebih terjangkau oleh masyarakat konsumen Patikraja.Paling tidaknya segala kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi.
Kelangkaan barang pernah dan seringkali  terjadi sebagai contoh kecil pernah terjadi kelangkaan barang berupa bekatul (dedek) karena pemain pasar lebih cenderung bermain diluar wilayah Patikraja.Seandainya saja sudah terbentuk komunitas pelaku pasar dengan konsukwensi kesejahteraan masyarakat,maka hal-hal semacam ini tak perlu terjadi dalam wilayah Patikraja yang merupakan wilayah pertanian.
Semikian sedikit gambaran bagaimana strategi Day Tawar Desa Patikraja kepada dunia luar.Jikalau segala strategi dapat dicapai maka daya tawar Desa Patikraja akan lebih baik dan memungkinkan pelaku pasar dari daerah lain akan masuk dan lebih memberikan income terhadap perekonomian Patikraja.
Mungkin Dari berbagai strategi tak tersebutkan di sini dan penulis yakin dengan kebersamaan dan solidaritas masyarakat Patikraja ber-guyub membangun dan dengan semangat kegotong-royongan,maka akan tercapai kemakmuran bersama.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

LOG CELL PATIKRAJA (Logawa Celluler Patikraja)

Logawa Celluler Patikraja adalah sebuah toko handphone dan segala kelengkapannya termasuk menjual Pulsa reguler,pulsa data,token listrik,ka...