Thursday, 14 March 2013

WAHANA CALON ANGGOTA LEGISLATIF INDEPENDENT

Mungkinkah Calon Anggota Legislatif tidak diusung dari partai politik ?
Sedangkan sekarang ini sudah ada calon independen bagi calon kepala daerah baik Bupati,wali kota,maupun Gubernur.Jika melihat fakta di masyarakat sekarang ini bahwa banyaknya kasus korupsi dan kekeruhan di tubuh partai, menciptakan pandangan masyarakat menjadi kurang tertarik kepada yang namanya Partai politik.Seolah masyarakat menilai partai politik adalah (maaf) kumpulan orang bermasalah.Sebab satu oknum dalam partai bisa merusak citra Partai.
Dengan mempertimbangkan keadaan seperti diatas,apakah masyarakat nantinya lebih kepada antipati terhadap calon yang diusung Partai ? sebab menurut pandangan masyarakat sekarang ini wakil yang diusung partai paling tidak dia memiliki beban kebijakan terkait kepartaian jika telah duduk di kursi legislatif.
Ada sebuah tulisan yang pernah penulis baca di sebuah situs yang tulisan itu mengembangkan kemungkinan adanya calon independen bagi caln anggota legislatif,dan jika memang memungkinkan pastilah harus dibentuk dan dibuat perangkat/aturan hukum mengenai hal itu.
Jika bisa dilaksanankan tentunya harus ada perubahan UU yang terkait dengan hal itu terutama Undang-Undang No.10 Tahun 2008 tentang pemilihan anggota dewan,yang didalamnya terutama pada Bab VII pasal 1 abjad n yang mencantumkan sebuah persyaratan : Menjadi Anggota Peserta Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota adalah partai politik

No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

DESA PATIKRAJA PERNAH JADI IBUKOTA BANYUMAS KANOMAN

Diceriterakan bahwa pengaruh Kongsi dagang VOC semakin kuat di Nusantara,sistem yang diterapkan pada waktu itu adalah mengambil para raja-r...

Posting Paling Sering Dikunjungi