Saturday, 21 December 2013

Manusia Manusia Bodoh

Manusia-manusia bodoh,mengapa bodoh ? dan siapa yang pandai? Apakah saya,dia,atau siapakah yang bodoh ? Banyak orang dengan mudahnya menyimpulkan si "anu" bodoh si "unu" bodoh,tapi yang bicara tak tahu bahwa si anu dan si unu lebih beruntung kehidupannya ketimbang dia.Lalu apa si bodoh itu ? dan siapa sih yang bodoh ? dan bagaimana si sesungguhnya pengertian bodoh ?
Keberuntungan manusia terkadang menjadi standar pandangan masyarakat mengenai kebodohan,mengapa ? Karena setiap kebodohan selalu dikaitkan dengan ke-tidak beruntungan.Ada kalimat yang populer "Kebodohan adalah awal kemiskinan" dan ada pula "Kebodohan adalah kemiskinan" serta banyak lagi kalimat kebodohan dikaitkan dengan kemiskinan.
Bodoh biasanya kurang pemahaman,tidak paham,tidak mengerti,dan tidak memiliki ketajaman pengingat hingga dia dikategorikan sebagai orang bodoh.Tapi perlu disadari bahwa orang yang dianggap bodoh dan berkeadaan miskin kehidupannya tidak se-rumit dan seberat orang yang dianggap pandai oleh masyarakat.
Banyak orang pandai tapi ruwet dan penuh problema dalam kehidupannya banyak masalah bahkan terjerat masalah.Banyak para koruptor masuk penjara yang tentunya mereka bukanlah orang bodoh.Banyak tukang copet dan jambret tertangkap digebugin teus masuk penjara juga padahal dia punya kepandaian dan keahlian (tapi kalai jambret dan copet emang resikonya tertangkap ya,...xixixixi) tangan.
Kebodohan yang penulis gambarkan diatas adalah kebodohan dengan argumentasi kekurangan dan kemiskinan.Jika anda tidak sependapat dengan apa yang saya sampaikan maka bisa jadi anda termasuk orang bodoh (jangan tersinggung ya) atau saya yang salah menjabarkan dan mungkin juga saya sendiri-lah yang bodoh sebenarnya (hahahahaha)
Masyarakat memiliki standar tersendiri yang mereka gunakan sebagai alasan mengatakan dan mendiskreditkan seseorang sebagai orang yang bodoh dengan pembanding dari sisi keadaan seseorang yang mereka anggap pandai.Lalu dimanakah letak lebodohan itu ? Coba anda telaah setiap kalimat saya dan pahami betul betul apa yang saya argumentasikan diatas.Dan sebagai bahan bagi anda menyimpulkan pembahasan saya mengenai orang orang bodoh maka ada beberapa pertanyaan yang musti anda perhatikan.Pertanyaannya adalah :
1. Apa sih bodoh menurut anda ?
2. Pengerian bodoh menurut pandangan umum terkait keberuntungan dan ketidak beruntungan,benarkah itu ?
3. Benarkah bodoh itu karena tidak sekolah hingga kemiskinan menjadi keadaan hidupnya ?
4. Apakah orang yang dianggap bodoh oleh masyarakat hidupnya penuh masalah ?
Beberapa pertanyaan diatas sebagai bahan pegangan anda untuk menyimpulkan kebenaran atau ketidak benaran argumentasi saya mengenai kebodohan.Pesan saya "Jangan menjadi bodoh hanya karena mempelajari argumentasi yang saya tulis diatas".

No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

Legenda Patikraja

Awal peradaban Desa Patikraja Patikraja zaman dahulu adalah lokasi penyeberangan perjalanan menuju pantai selatan.Hingga di daerah ini ...