Tuesday, 10 December 2013

Masjid Baitul Muslimin Patikraja

Masjid Baitul Muslimin Patikraja terletak di pertigaan,pertemuan jalur Jalan Raya Patikraja-Purwokerto dengan jalan Raya Patikraja Banyumas.Masjid ini terlihat jauh dari timur sejarak 400 Meter karena Masjid ini berada pada ujung arah jalan Raya Banyumas-Patikraja.Jika dilihat dari timur seolah-olah masjid ini menjadi batas akhir jalan menuju ke arah barat dari arah Banyumas,seolah jalan tersebut buntu dan mentok di masjid.Keadaan ini menguntungkan dan sangat strategis karena suara adzan masjid ini bisa lepas jauh ke arah timur tanpa halangan gedung/bangunan.
Masjid Baitul Muslimin Patikraja termasuk masjid jam'i artinya di masjid ini dilaksanakan sidang jum'at dan sholat jum'at.
Masjid Baitul Muslimin Patikraja sekarang ini dikelola oleh jamaah ta'mir masjid dan cenderung menerapkan kebiasaan ibadah agama islam mengikuti penerapa  salah satu ormas keagamaan "Muhammadiyah".
Lokasi masjid Baitul muslimin Patikraja berdekatan dengan Pasar Patikraja dan tempat pemakaman umum Desa Patikraja.Lokasi seperti ini seolah tersirat pesan bagi masyarakat Patikraja tentang keduniawian dan ukhrowi serta mengingat akan kematian.
Penulis mengambil gambar masjid ini dikala adzan maghrib berkumandang.di bawah ini hasil tangkapan kamera handphone penulis.u


No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

DESA PATIKRAJA PERNAH JADI IBUKOTA BANYUMAS KANOMAN

Diceriterakan bahwa pengaruh Kongsi dagang VOC semakin kuat di Nusantara,sistem yang diterapkan pada waktu itu adalah mengambil para raja-r...

Posting Paling Sering Dikunjungi