Monday, 17 February 2014

KELUARBIASAAN MEMILIKI TAHAPAN PEMAHAMAN ?

Suatu hal yang luar biasa,kalimat ini mungkin sering kita dengar.Namun apakah keluar biasaan yang kita pahami se-rasa dengan orang pahami ? Se-tara kah ? Sama-kah ?.Mungkin sebuah keluar biasaan bernilai "amat sangat" bagi mereka yang awam dan baru menemukan/baru mengalami.Jika berkali dan telah menjadi pengetahuan umum masyarakat maka sudah tak se-luar biasa di awal kemunculannya.
Apakah Luar biasa sesungguhnya terpengaruh dengan sebuah kebiasaan ? atau baru dan lamanya kemunculannya ? Menurut penulis yang awam ini, ada beberapa jenis ke-luar biasaan.
1. Keluarbiasaan hakiki
2. Keluarbiasaan kontemporer
3. Keluarbiasaan maknawi
Entah benar atau salah,keluarbiasaan seluruhnya tergantung sifat dan pemahaman penerima/pemerhati.
KELUARBIASAAN HAKIKI adalah keluarbiasaan milik Sang pencipta alam semesta dengan sifat-Nya yang paling "Maha" merupakan puncak kepemilikan yang tak bisa ditawar-tawar lagi.Tidak ada yang menandingi-Nya.contoh penciptaan Alam semesta beserta isinya,kisah nyata bencana alam dsb seluruhnya langsung mengingatkan ke-Agungan dan Ke-Maha kuasaan-Nya.
KELUARBIASAAN KONTRMPORER adalah keluarbiasaan yang sifatnya sementara dan hanya menjadi bahan kekaguman kaum awam di awal kemunculannya,keluarbiasaan semacam ini jika berlarut-larut disaksikan maka akan menjadi sesuatu yang umum dan menjadi sesuatu yang biasa saja.contoh penemuan perangkat maupun perkakas baru,kepopuleran manusia dsb.
KELUARBIASAAN MAKNAWI adalah keluarbiasaan sesuatu yang jika direnungkan adalah merupakan keluarbiasaan hakiki,namun keluarbiasaan maknawi walaupun sudah umum diketahui masyarakat/khalayak masih diakui keluarbiasaan tanpa tandingan.contoh keadaan gunung,langit,dst
Dari ulasan diatas,ada satu kesimpulan yang mungkin bisa dijadikan pegangan adalah : "Bahwa setiap ke-luarbiasaan teegantung bagaimana menilainya dan seberapa kemampuan pemahaman penilainya" jika penulis memahami sesuatu hal yang mungkin bersifat luarbiasa dan menimbulkan kekaguman,belum tentu sebegitu halnya menurut anda.
Demikian sedikit ulasan penulis mengenai keluarbiasaan,jika apa yang saya sajikan salah mohon saran dan kritikannya serta mohon petunjuk agar pemahaman mengenai keluarbiasaan tersebut bisa selaras dan benar.terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

DESA PATIKRAJA PERNAH JADI IBUKOTA BANYUMAS KANOMAN

Diceriterakan bahwa pengaruh Kongsi dagang VOC semakin kuat di Nusantara,sistem yang diterapkan pada waktu itu adalah mengambil para raja-r...

Posting Paling Sering Dikunjungi