Thursday, 16 June 2016

KEGOTONG-ROYONGAN

GOTONG-ROYONG
Gotong-royong di daerah saya (penulis) biasa disebut kegiatan "Kerigan" atau kerja bakti. Sedangkan gotong royong itu sendiri merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan warga  di suatu wilayah bersama-sama untuk membangun atau hanya sekedar membersihkan lingkungan.
Gotong-royong memiliki nilai positif agar terjadi interaksi sosial diantara warga dan menumbuhkan sikap solidaritas dan kesetiakawanan.
Saat ini nilai-nilai kegotongroyongan sudah mulai terkikis dengan adanya perkembangan sosial dan perkembangan penduduk.Kesibukan keseharian juga menjadi salah satu faktor terkikisnya kegotong-royongan.
Interaksi masyarakatpun sudah terpengaruh oleh kepentingan kepentingan,Diantara sebagian masyarakat juga sudah mulai muncul kecenderungan sikap apatis kurang perduli terhadap kehidupan lingkungannya.Individualisme juga muncul seiring perkembangan penduduk.Keluar masuknya penduduk dan menjadi warga di suatu wilayah mempengaruhi warna interaksi sosial.
Yang sesungguhnya Gotong-Royong sangat perlu di lestarikan.
Sebagai mahluk sosial manusia membutuhkan kehadiran manusia lain di kehidupannya dalam rangka saling mengisi kebutuhan hidupnya, untuk mendukung hal itu kegotong-royongan sangatlah perlu.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

Legenda Patikraja

Awal peradaban Desa Patikraja Patikraja zaman dahulu adalah lokasi penyeberangan perjalanan menuju pantai selatan.Hingga di daerah ini ...