Saturday, 2 July 2016

Perubahan Situasi Keadaan Patikraja

Desa Patikraja diprediksi mengalami pergeseran pusat keramaian,Benarkah hal ini akan terjadi ? Ada banyak alasan mendasari pandangan ini,salah satunya adalah dengan mulai berubahnya minat arah pengguna kendaraan bermotor menuju kota terdekat yaitu Purwokerto.Yang sebelumnya para pengguna jalan menggunakan arah jalur Patikraja-Purwokerto via Sidabowa,kini banyak pengguna jalan lebih memilih jalur Patikraja-Pegalongan-Purwokerto.Perubahan wajah dan situasi keramaian akan lebih mengarah dan berkembang ke timur/jalur Patikraja-Kaliori.
Selain memprediksi dari perkembangan diatas,ada alasan baru yg bisa mendasari pergeseran keramaian di Patikraja yaitu : akan dibangunnya jalur lingkar Patikraja-Kedungrandu guna memecah kepadatan lalu-lintas sekitar depan Pasar Patikraja.Yang rencana pembangunan jalur lingkar tersebut akan selesai tahun 2019 jika sesuai rencana.
Kendala dasar yang sesunguhnya sudah ada namun belum diperhatikan sungguh-sungguh adalah belum adanya alokasi tempat bagi angkutan pedesaan dan angkutan kota yg melintas trayek/berawal tayek dari Patikraja.Saat ini kendaraan angkutan umum tersebut belum ada terminal/transit yg 
layak dan disediakan oleh pemerintah.Memang pernah ada hembusan isue di masyarakat bawah bahwa alokasi terminal/transit tetap akan di bangun di seberang jembatan sungai logawa Patikraja,namun hal itu belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.Karena saat ini daerah tersebut sudah ada rencana pembangunan Pasar hewan dan sebuah sekolahan lanjutan atas.
Dari beberapa faktor diatas juga ada kemungkinan Patikraja mengalami peningkatan volume kendaraan didasari rencana pembangunan jembatan duplkat sungai serayu yg menghubungkan wilayah kecamatan Patikraja dan wilayah kecamatan Kebasen.Kemudahan akses berupa Pembangunan jembatan baru yg lebih lebar memberikan efek kemudahan akses menuju Purwokerto dari Kebasen melalui Patikraja.Yang hal ini juga akan mempengaruhi situasi dan keadaan wajah Desa Patikraja.
Tentang kelayakan Pasar Patikraja berlokasi di tepat sekarang,penulis tak akan gegabah membahas hal itu,karena bisa berbenturan dengan banyak pihak,Jika Anda tahu betul Patikraja,Pasti-lah bisa menyimpulkan layak atau tidaknya keadaan Pasar sekarang berdasarkan lokasi/tempat,dan pengaruhnya terhadap situasi arus lalu-lintas.
Demikian warta mengenai Patikraja dan faktor kemungkinan mendasari perubahan situasi keramaian yg memungkinkan berubahnya wajah Patikraja ke depan.
Salam Bloger dari saya bagi pengunjung blogspot ini. 

No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

Legenda Patikraja

Awal peradaban Desa Patikraja Patikraja zaman dahulu adalah lokasi penyeberangan perjalanan menuju pantai selatan.Hingga di daerah ini ...