Patikraja New's

Tuesday, 26 September 2017

BALAI DESA PATIKRAJA

Balai Desa Patikraja adalah wilayah teritorial institusi kepemilikan Desa Patikraja,disebut balai adalah memiliki makna teras atau muka sebuah bangunan yang berarti teras sebuah desa.Istilah Balai Desa saat ini mungkin terkesan begitu kampungan hingga banyak perubahan nama untuk memberikan identitas tempat tsb.Sekarang ini banyak yang menancapkan papan nama "Kantor Desa","Kantor PemDes",atau juga "Kantor Kepala Desa".
Entah memang sudah ada ketentuan baru ata memang hal itu sudah menjadi trend masa kini ,akan perubahan nama tsb.Pernah suatu kali bertanya kepada Bp ir. Achmad Husein Bupati Banyumas dalam akun Twitternya ternyata dijawab tidak ada :





Ketentuan  aturan menyeragamkan papan nama di wilayah Balai Desa itu tidak ada dan aturan perubahannya-pun tidak ada.Untuk Desa Patikraja sudah lama terpasang papan nama besar bertiang dengan tulisan Kantor PemDes Patikraja.
Entah merasakan kesan entah hanya pemikiran bayangan penulis tentang perbedaan kalimat Balai Desa dengan Kantor PemDes Patikraja.Seolah terasa perbedaan kewenangan wilayah tersebut berbeda.
Jika Balai Desa seolah berkesan menempatkan penjelasan bahwa lingkungan tersebut adalah balai/teras sebuah Desa yang ketentuan otoritasnya menempatkan posisi masyarakat Desa sebagai kekuatan pengaruh kebijakan di wilayah tsb.
Jika Kantor PemDes maka akan terkesan bahwa kewenangan di wilayah tersebut adalah pemimpin Kantor yaitu kepala Desa.Pemikiran saya sebagai masyarakat dan tentunya bagian yg tak terpisahkan dengan kepentingan Desa berharap ada ketentuan aturan penyeragaman dan penjelasan berupa aturan tata ruang yg mungkin bisa diterbitkan oleh pemerintah diatasnya yaitu kepemerintahan Kabupaten Banyumas.Ini bisa sebagai dasar pemikiran sebuah aturan baru bagi PemDa Banyumas.
Lokasi Balai Desa Patikraja di google map :



Balai Desa Patikraja






No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"