Sunday, 15 October 2017

GREBEG SURAN DI BATURRADEN 2017

Kegiatan Pergelaran "Grebeg Suran Baturraden" yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berlangsung pada hari minggu 15 Oktober 2017. Grebeg Suran Baturraden" menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lokawisata Baturraden pada hari itu.Ribuan warga dan wisatawan tampak menyaksikan pergelaran "Grebeg Suran Baturraden" yang telah menjadi agenda wisata tahunan Dinporabudpar Banyumas digelar pada setiap bulan Sura /Muharam.
Grebeg suran Baturraden meningkatkan minat wisatawan juga bisa menjadi program pengenalan juga daya tarik.Pergelaran "Grebeg Suran Baturraden" yang melibatkan berbagai elemen masyarakat termasuk 12 desa penyangga Kawasan Wisata Baturraden.
Dalam puncak acara,selain memanjatkan puji syukur kepada Tuhan, warga juga berdo'a  mengharapkan agar seluruh masyarakat Banyumas khususnya yang tinggal di sekitar Gunung Slamet selalu diberikan keselamatan.

Grebeg suran Baturraden diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Banyumas dan menjadi acara festival budaya setiap tahunnya sehingga adanya pergeseran nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut menjadi tujuan pengembangan pariwisata Banyumas. Pelaksanaan Tradisi Grebeg Suran yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata menjadi salah satu tujuan pemerintah agar mengangkat dan melestarikan budaya kearifan lokal sekaligus menjadi tujuan Pariwisata berbasis budaya dengan pelaku pada saat upacara tradisi tersebut adalah warga baturraden agar tetap menjaga adat yang biasa dilakukan oleh nenek moyang dan diharapkan masyarakat atau wisatawan memperhatikan dan terus menjaga dalam upaya pelestarian budaya lokal.







No comments:

Post a Comment

Mohon Tidak memberikan komentar berbau "SARA"

POS TERPOPULER

Legenda Patikraja

Awal peradaban Desa Patikraja Patikraja zaman dahulu adalah lokasi penyeberangan perjalanan menuju pantai selatan.Hingga di daerah ini ...